DPD Republik Indonesia Raih Citra Baik dari Survei Kompas
Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Rahman Hadi, mendampingi Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, LaNyalla Mahmud Mattalitti.
Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Rahman Hadi, mendampingi Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, LaNyalla Mahmud Mattalitti.

DPD Republik Indonesia Raih Citra Baik dari Survey Kompas, Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

MusiNews.id — Raihan positif didapat oleh lembaga negara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di tahun 2024 ini. Hal ini menyusul lembaga yang dipimpin oleh Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti, itu, berhasil menjadi salah satu Lembaga Negara yang mendapat penilaian citra positif dan baik versi survei Kompas.

Sekadar informasi, DPD RI mendapatkan presentase 68,8 persen citra baik, mengungguli beberapa Lembaga Negara lainnya di survei tersebut

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI, Rahman Hadi, mengaku mengapresiasi survei yang telah dilakukan oleh salah satu media besar di tanah air itu.

Kata pria asal Lampung itu, pihaknya akan terus menjaga tren positif itu dengan melaksanakan kinerja yang baik dan terukur.

“Terima kasih atas survei Kompas, ke depannya kami akan terus menjaga tugas dan fungsi serta memegang teguh amanat rakyat, terutama stakeholder di daerah. Hal ini harus terus dilanjutkan dan dijaga baik.” katanya.

Berita Terkait :   Majukan Potensi Wisata Daerah, Badan Urusan Legislasi Daerah DPD RI Bahas Regulasi Kebijakan Pariwisata

Seperti diketahui, semenjak dipimpin oleh LaNyalla Mahmud Mattalitti, DPD RI aktif mengambil langkah untuk memperjuangkan kepentingan daerah. Termasuk Menyusun beberapa Rancangan Undang-Undang (RUU) inisiatif yang penting bagi stakeholder di daerah. Salah satunya adalah RUU tentang Pelestarian Adat dan Budaya Kerajaan Nusantara.

“Memang gaya kepemimpinan Pak LaNyalla yang terjun langsung ke daerah, dan mendorong anggota untuk aktif, telah memaksimalkan peran DPD RI, yang memang harus diakui, di dalam Konstitusi peran DPD RI masih dirasa kurang. Tetapi Pak LaNyalla berhasil memaksimalkan.” ucap Rahman Hadi.

Dikatakan Rahman Hadi, sejak dilantik menjadi Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti yang akrab disapa dengan panggilan LaNyalla itu, telah turun langsung ke 34 Provinsi dan lebih dari 350 Kabupaten atau Kota di Indonesia.

LaNyalla juga mendatangi hampir semua kerajaan dan kesultanan yang ada di Indonesia. Sehingga beberapa aspirasi-aspirasi penting dari stakeholder daerah, berhasil diagregasikan oleh DPD RI menjadi keputusan di tingkat nasional.

Berita Terkait :   Ketua DPD RI : "Kualitas Demokrasi Indonesia Menurun, Imbas Amandemen Konstitusi"

“Ini tentu butuh passion dan stamina yang ekstra. Untuk memastikan salah satu fungsi dari DPD RI benar-benar bisa maksimal. Kami tentu di Kesekjenan juga bangga, karena dengan segala keterbatasan, baik sarana maupun anggaran, lembaga ini justru menjadi harapan bagi masyarakat.” imbuhnya.

Rahman Hadi juga mengungkap, bahwa selain berhasil berhasil mencatatkan posisi DPD RI sebagai Lembaga Negara yang mendapat nilai pengelolaan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian, secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan, tahun 2023 lalu, hasil survei dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) juga menempatkan ranking kepercayaan publik terhadap DPD RI di atas KPK dan DPR RI. (*)

Penilaian Citra Sejumlah Lembaga Negara Hasil Survey Kompas, Juni 2024

1. TNI (89,8 Persen)
2. Polri (73,1 Persen)
3. DPD RI (68,6 Persen)
4. Kejaksaan (68,1 Persen)
5. MA (64,8 Persen)
6. DPR (62,6 Persen)
7. MK (61,4 Persen)
8. KPK (56,1 Persen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *