Hadapi Kemarau Ekstrim dan Karhutla Tahun 2023, HD Pastikan Kesiapan Personil dan Peralatan
MyRepublic, Internet Cepat Tanpa Batas
penetapan siaga darurat karhutla dan izin Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Sumsel bertempat di Halaman Griya Agung, Rabu (17/5/2023)
penetapan siaga darurat karhutla dan izin Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Sumsel bertempat di Halaman Griya Agung, Rabu (17/5/2023)

Hadapi Kemarau Ekstrim dan Karhutla Tahun 2023, HD Pastikan Kesiapan Personil dan Peralatan

MusiNews.id, Palembang – Keseriusan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dalam persiapan menghadapi dan pencegahan Bencana kekeringan karhutla pada musim kemarau Tahun 2023 di Sumatera Selatan terus dilakukan. Sebelumnya HD telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur terkait penetapan siaga darurat karhutla dan izin Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Sumsel bertempat di Halaman Griya Agung, Rabu (17/5/2023)

Kali ini untuk kesiapan personil dan peralatan, HD langsung menjadi Pembina Apel Karhutla dalam rangka Penguatan Kapasitas Kawasan Untuk Pencegahan Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023 dan memeriksa langsung, berkeliling memastikan kesiapan dalam menghadapi bencana kebakaran di Tahun 2023 ini. Apel diikuti 1200 peserta.

Berita Terkait :   Herman Deru Bagikan Bonus Atlet Peraih Medali Di PON Dan Peparnas

HD mengatakan Sumsel terbukti berhasil menurunkan titik hospot pada tahun-tahun sebelumnya, ini merupakan prestasi terbaik tim pengendalian karhutlah yang dipimpin Korem 044 Garuda Dempo dengan dukungan instansi vertikal, OPD, Polri, serta masyarakat.

” Di Tahun 2023 ini kemarau akan extrim dan akan lebih kering, dan akan menjdi perhatian serius. Laporan Dinas Kehutanan pernah terjjadi 555 titik hospot.
Kita tau titik hospot belum tentu titik kebakaran. Agar tidak menjadi kebakaran, kita langsung cek setiap titik hospot yang ada. Sosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membakar sembarangan. Kebakaran hutan dapat dirasakan bukan hanya Indonesia melainkan hingga luar Indonesia” ujar HD.

Berita Terkait :   Sosialisasi dan Monev Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR!

Dilanjutkan HD singkronisasi persatuan personil kota maupun kabupaten sangat diperlukan untuk memperkuat sarana dan prasarana

“Segera aktifkan posko-posko yang ada dan manfaatkan dana desa untuk pencegahan dan penanggukangan Karhutla” pesan HD.

Pada kesempatan itu HD menerima secara simbolis bantuan dukungan operasi udara berupa 1 helikopter patroli udara, 1 pesawat patroli udara dan 2 helikopter waterbombing untuk penanganan siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) .

Turut hadir Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M.., Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah, para Kepala OPD Prov Sumsel. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *