H. Herman Deru : “Kampung Ulung Jadi Contoh Bagi Kabupaten Atau Kota Di Sumsel”
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Berhasil Sulap Kampung Kumuh Jadi Destinasi Wisata Baru. (Foto : Humas Prov. Sumsel)
Berhasil Sulap Kampung Kumuh Jadi Destinasi Wisata Baru. (Foto : Humas Prov. Sumsel)

H. Herman Deru : “Kampung Ulung Jadi Contoh Bagi Kabupaten Atau Kota Di Sumsel”

MusiNews.id, Lubuklinggau – Kreatifitas Pemerintah Kota Lubuklinggau menyulap kampung kumuh di Kecamatan Ulak Sulung menjadi destinasi baru yang cantik “Kampung Ulung” sukses menarik perhatian Gubernur Sumsel H. Herman Deru. Iapun berharap kreatifitas seperti ini dapat ditular ke 17 kabupaten kota lainnya agar Provinsi Sumsel semakin menarik minat pengunjung untuk berwisata.

Menurut Herman Deru,  program revitalisasi kampung kumuh seperti ini merupakan wujud perhatian dan bentuk kolaborasi pemerintah pusat dan juga Pemprov serta Pemkot Lubuklinggau. Sejauh ini sasaran program baru terbatas pada Kota Lubuklinggau, Lebak Cindo Palembang dan Kota Pagaralam. Hal ini lantaran di daerah lain belum dapat memenuhi syarat administrasi mengingat harus ada Perkada dan Perda status kekumuhan sebuah daerah.

” Pemerintah daerahnya harus ada yang jemput bola. Bayangkan ada banyak sekali kabupaten/kota di Indonesia ini kalau kita tidak agresif kesempatan ini bisa diambil orang lain,” ujar Herman Deru saat meninjau Kampung Ulung didampingi Walikota Lubuklinggau Prana Putra Sohe, pada hari Sabtu Tanggal 25 September 2021.

Iapun mengapresiasi Pemkot Lubuklinggau yang telah berhasil menelurkan kreatifitas ini. Sehingga warga sekitar lokasi dan masyarakat Lubuklinggau umumnya dapat menikmati keindahan bahkan meningkatkan kesejahteraan melalui kehadiran destinasi baru Kampung Ulung.

“Hidup ini tidak cukup hanya bekerja tapi butuh juga keindahan. Kalau kampung tertata tentu warga juga akan bahagia. Syukur ini akan menambah destinasi setelah sebelumnya ada kampung warna warni,” jelas Herman Deru.

Berita Terkait :   Keberadaan PDBI Diharapkan Dorong Sektor Pariwisata Di Sumatera Selatan

Lebih jauh dikatakan Herman Deru Kampung Ulung yang terletak di tepian sungai Kelingi  yang sebelumnya merupakan daerah kumuh, rawan banjir dan longsor, pada tahun 2020/2021 saat ini telah dilakukan pembangunan infrastruktur yang bertujuan untuk menciptakan keamanan bagi warga setempat dari ancaman banjir.

Lokasi Kampung Ulung saat ini menurutnya bisa dijadikan objek wisata yang pengelolaan dan perawatannya diserahkan kepada kelompok masyarakat setempat.

” Saya meyakini dengan Infrastruktur dan konektivitas yang bagus perlahan, dampak yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat ikut meningkat dan menurunkan angka kemiskinan.

Sementara itu Walikota Lubuklinggau Prana Putra Sohe mengatakan terwujudnya destinasi baru ini tak lepas berkat kolaborasi banyak pihak yakni pusat, Dinas Perkim Sumsel, Dinas Perkim Lubuklinggau.

” Agar ini lebih indah  rencananya akan kita tambah taman dengan APBD agar kawasan ini bisa dirawat terus pengelolaan akan kota berikan kepada masyarakat setempat,” jelas Prana Putra Sohe.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Prasarana Pemukiman, Ir. M. Irwan Kesuma, Sekda Kota Lubuklinggau, H.A. Rahman Sani, Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel. (*)

Bagikan Tulisan Ini :
Selamat Hari Raya Idhul Adha

About Tri Ricki

Kontributor MusiNews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.