Urus KK dan KTP di Capil Muba Bisa Langsung Jadi
MyRepublic, Internet Cepat Tanpa Batas

Urus KK dan KTP di Capil Muba Bisa Langsung Jadi

Musinews.id – Peka terhadap keluhan serta harapan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Muba, berupaya meningkatkan pelayanan yang diberikan. kepada masyarakat. Lewat program adminstrasi Keluarga Langsung Jadi (Keladi), kini setiap urusan apapun bisa ditunggu dan langsung diproses saat itu juga.

Plt Kepala Disdukcapil Muba Sunaryo SSTP melalui Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Muhammad Soleh Iqbal, S.I.P., M.Si mengatakan, lewat program Keladi ini maka setiap administrasi langsung jadi.

“Masyarakat cukup menunggu dan duduk saja, nanti petugas yang bekerja dan masyarakat bisa berdiri langsung pulang dengan membawa dokumen kependudukan yang diperlukan,” ujarnya Senin (20/9/2021).

Berita Terkait :   Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Motivasi Masyarakat Untuk Terus Prodiktif

Dia mencontohkan, masyarakat ingin mengurus akta, maka untuk mendapatkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) langsung melalui pelayanan terintegrasi.

“Jadi merekam KTP-el langsung jadi hari itu juga tidak harus menunggu berhari-hari,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya beserta jajarannya juga sedang menggeser pelayanan di Dukcapil ke tingkat Kecamatan dan Desa. Seperti pelayanan loket Dukcapil di Kecamatan, jadi apa yang ada di administrais Keladi akan di terapkan juga di kecamatan.

“Jadi untuk tingkat kecamatan, cetak langsung jadi juga. Hal ini kita lakukan agar masyarakat mengetahui kalau dukcapil sekarang sudah mulai berbenah terkait kualitas pelayanan masyarakat,” terangnya.

Berita Terkait :   Percepat Pemulihan Ekonomi, Herman Deru Tekan MoU Bersama Gubernur Se-Sumatera

Untuk itu diakuinya, pihaknya sangat perlu dukungan dari masyarakat, OPD terkait pelayanan dan rekan-rekan media untuk publikasi dan pengawasan eksternal terhadap pelayanan Dukcapil.

“Progran Keladi dilakukan di pelayanan statis di kantor. Bagi masyarakat yang datang langsung dan semua layanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil langsung kami layani,” tutupnya.(rid)

Laporan :
Editor :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *