Wong Rantau Bakal Difasilitasi Mudik Gratis Oleh Pemkab Muba
MyRepublic, Internet Cepat Tanpa Batas
Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, Musni Wijaya, saat melantik jajaran pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM MUBA) Yogyakarta periode 2023-2025, dan silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (FOSMABAYO) di Mandala Bhakti Wanitama, Yogyakarta, hari Jumat tanggal 1 Maret 2023. (foto : Dinkominfo Muba)
Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, Musni Wijaya, saat melantik jajaran pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM MUBA) Yogyakarta periode 2023-2025, dan silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (FOSMABAYO) di Mandala Bhakti Wanitama, Yogyakarta, hari Jumat tanggal 1 Maret 2023. (foto : Dinkominfo Muba)

Wong Rantau Bakal Difasilitasi Mudik Gratis Oleh Pemkab Muba

MusiNews.id, Yogyakarta — Warga Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang berada di perantauan, seperti di Yogyakarta dan kota-kota lainnya di pulau Jawa, mendapatkan fasilitas mudik gratis ke kampung halaman. Program Mudik Gratis ini disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba untuk menyambut momen Lebaran 2024.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, Musni Wijaya, saat melantik jajaran pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM MUBA) Yogyakarta periode 2023-2025, dan silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (FOSMABAYO) di Mandala Bhakti Wanitama, Yogyakarta, hari Jumat tanggal 1 Maret 2023.

“Tahun ini, Pak Pj. Bupati Muba, H. Apriyadi Mahmud, memfasilitasi mudik gratis bagi masyarakat Muba dan Mahasiswa Muba yang ada Pulau Jawa. Titik kumpul keberangkatan di Jogja dan akan ada beberapa titik pemberhentian di bandung dan Jakarta.” ujar Musni Wijaya saat memberi sambutan dalam acara tersebut.

Dikatakannya, sedikitnya ada 6 (enam) bus yang disediakan untuk kuota 240 orang. “Tahun kemarin hanya 100 orang, di tahun 2024 ini kita tingkatkan jadi 240 orang. Jadi, silahkan dimaksimalkan dan di data mulai sekarang, untuk program mudik gratis.” tuturnya.

Selanjutnya, ia mengucapkan selamat kepada pengurus IKPM yang baru dikukuhkan, dan berharap mahasiswa yang ada di Yogyakarta dapat lebih giat lagi mengikuti proses pembelajaran. “Organisasi ini salah satu upaya untuk kita melangkah lebih baik. Semoga adik-adik yang belajar di Yogyakarta ini dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik, sehingga dapat meneruskan estafet kepemimpinan, menggantikan kami di pemerintahan.” ucapnya Musni Wijaya.

Berita Terkait :   Sawit Muba Support Realisasi BENSA untuk Indonesia

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba ini menyampaikan, Pemkab Muba sejak tahun 2018 telah menganggarkan beasiswa untuk mahasiswa, baik yang kuliah di dalam maupun di luar daerah. “Insyaallah untuk memacu semangat belajar adik-adik, program beasiswa ini akan terus kita anggarkan. Selain dari APBD, juga ada dari BAZNAS Muba untuk membantu adik-adik di dunia pendidikan ini.” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum IKPM Muba Yogyakarta, M. Ramadhan, mengucapkan terima kasih atas respon cepat Pemkab Muba di bawah kepemimpinan H. Apriyadi Mahmud, untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang tengah menimbah ilmu di Yogyakarta, baik dari fasilitas hingga program beasiswa.

“Kami bersyukur Pemkab Muba sangat peduli dengan kami yang tengah berjuang menuntut ilmu ini. Untuk program beasiswa, ada sebanyak 33 mahasiswa di Yogyakarta yang menerima beasiswa langsung dari Pemda.” tuturnya.

Selanjutnya, ia siap menjalankan amanah sebagai Ketua Umum IKPM Muba Yogyakarta dengan harapan organisasi tersebut dapat lebih sinergi lagi dengan pemerintah untuk membangun Kabupaten Muba. “Kita juga lebih semangat lagi membangun organisasi ini, karena telah diberi bantuan fasilitas dari Pemkab Muba seperti alat-alat podcast dan fasilitas lainnya.” kata M. Ramadhan.

Berita Terkait :   Capai Target, Muba Raih Peringkat Tiga Besar Peparprov di Lahat

Sementara itu, Pembina IKPM Muba Yogyakarta, Yulan Hernedi, mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Muba dalam memfasilitasi warga Muba yang ada di perantauan dengan program mudik gratis serta program beasiswa yang memberi semangat para mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran di bangku kuliah untuk meraih prestasi.

“Tentu kita semua menaruh harapan besar bagi adik-adik mahasiswa yang kelak akan kembali ke daerah dan turut membantu pemerintah membangun Kabupaten Musi Banyuasin, untuk itu manfaatkanlah fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya supaya nanti bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah.” pungkasnya.

Terpisah, H. Apriyadi Mahmud mengatakan, program Mudik Gratis Tahun 2024 telah dianggarkan melalui Dinas Perhubungan Muba. Untuk pendaftaran mudik gratis ini bisa melalui google form yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan.

“Peserta mudik gratis akan mendapatkan fasilitas makan 2 kali selama perjalanan (buka puasa dan sahur), bus dengan toilet dan keberangkatan direncanakan tanggal 30 maret 2024.” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *