Perdana di OKU Selatan, Kejari Lakukan Restorative Justice
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Perdana di Kabupaten OKU Selatan, Kejari Lakukan Restorative Justice
Perdana di Kabupaten OKU Selatan, Kejari Lakukan Restorative Justice

Perdana di OKU Selatan, Kejari Lakukan Restorative Justice

MusiNews.id, OKU Selatan — Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan menghentikan kasus atas nama Heriansyah alias Cebol, warga Desa Batu Belang Dua, Kecamatan Muara Dua, yang lakukan penganiayaan terhadap Yudi Irawan, warga desa yang sama, berdasarkan Restorative Justice atau Keadilan Restoratif, setelah tersangka dan korban berdamai.

“Penghentian penuntutan kami lakukan berdasarkan Keadilan Restoratif.” ujar Kusri, S.H., Kepala Kejari OKU Selatan, pada hari Rabu tanggal 23 Februari 2022.

Dia mengatakan, ada beberapa pertimbangan yang menyebabkan penghentian penuntutan. Yakni, tersangka baru melakukan tindak pidana, serta pasal yang disangkakan, ancaman humuman pidananya tidak lebih dari lima tahun. Sebelumnya, tersangka dijerat dengan pasal 351 ayat (1) KUHP tentang Penganiayaan.

Berita Terkait :   Pemerintah Sediakan 168 Extra Flight Kapasitas 29.300 Kursi untuk MotoGP Mandalika

“Selain itu, hubungan tersangka dengan korban, juga masih keluarga. Kami khawatir, jika perkara ini dilanjutkan, membuat hubungan kekeluargaan bisa menjadi renggang.” jelasnya.

Kusri pun menambahkan, permohonan penghentian penuntutan dari Kejari OKU Selatan itu, telah disetujui oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum. “Restorative Justice atau Keadilan Restoratif ini, baru pertama kali terjadi di Kejari OKU Selatan.” tuturnya. (smsi/ohs)

Bagikan Tulisan Ini :
Selamat Hari Raya Idhul Adha

About Oyong Hairudin

Redaktur Pelaksana dan Koordinator Liputan di Situs Berita MusiNews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.