Mawardi Yahya Ikuti Rakor Persiapan Vaksinasi Covid-19 Bersama Kementerian Terkait
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Mawardi Yahya Ikuti Rakor Persiapan Vaksinasi Covid-19 Bersama Kementerian Terkait
Mawardi Yahya Ikuti Rakor Persiapan Vaksinasi Covid-19 Bersama Kementerian Terkait

Mawardi Yahya Ikuti Rakor Persiapan Vaksinasi Covid-19 Bersama Kementerian Terkait

MusiNews.id — Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya (MY) mengikuti Rapat Koordinasi secara virtual bersama Mendagri, Menkes, dan Kepala BNPB membahas tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dari Sumsel Command Center, Selasa (5/1/2021).

Menteri Dalam Negeri RI, Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A., Phd, sebagai pimpinan rapat. Pada kesempatan itu, Ia mengintruksikan kepada Kepala Daerah untuk dapat mensosialiasikan dan memberikan penjelasan mengenai tahapan – tahapan dalam melakukan vaksinasi kepada masyarakat, “ini perlu dilakukan untuk menghindari kerusuhan, karena vaksin sekarang seperti emas yang dikejar oleh seluruh orang”, ungkapnya.

Selain itu ditegaskannya bahwa vaksinasi bukan satu – satunya cara untuk melepaskan diri dari penyebaran pandemi Covid-19, “Kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan harus tetap dilakukan secara konsisten agar pandemi ini dapat berakhir”, tegasnya.

Ia juga meminta Kepala Daerah untuk dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakatnya yang tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan masa.

Sementara itu Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa 182 juta rakyat Indonesia yang akan di vaksinasi membutuhkan dosis vaksin sebanyak 426.800.000, “terkait akan kebutuhan tersebut, kami dari Menkes telah menjalin kontrak dengan beberapa negara produsen vaksin agar kebutuhan tersebut dapat terpenuhi, mengingat tidak hanya Indonesia yang sedang membutuhkannya”, ucapnya.

Selain itu dijelaskan juga bahwa Vaksinasi dilakukan secara bertahap yang akan dilakukan terlebih dahulu kepada Tenaga medis setelah itu dilanjutkan kepada Pekerja Publik, Masyarakat Rentan, dan Masyarakat Lainya, “untuk itu, kami harap kepada Dinas Kesehatan Daerah agar dapat memastikan bahwa tenaga kesehatannya sudah terdata dengan benar”,ungkapnya.

Berita Terkait :   Muba Kejar Raihan KLA Ke Empat

Ia juga menyampaikan bahwa penyuntikan perdana akan dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2021 yang akan dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo berserta Para Menteri dan Para Pejabat lainnya termasuk juga Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang berusia dibawah 60 tahun.

Kepala BNPB RI, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menambahkan meski Vaksinasi telah dilakukan kepada masyarakat, akan tetapi ini tidak menghentikan penyebaran Covid-19, “untuk itu masyarakat diharapkan agar tetap menjalankan protokol kesehatan guna menghentikan penyebaran tersebut”, ucapnya.

Hal tersebut Ia sampaikan mengutip kalimat Presiden RI, Joko Widodo yang mengatakan Meski vaksinasi sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, tetap disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, selalu harus kita lakukan.

Turut hadir Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Edward Chandra, M.H, Ka. Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel, H. Iriansyah., S.Sos., SKM, M.Kes, Ka. Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dra. Lesty Nurainy, Apt, M.Kes. (ril)

Bagikan Tulisan Ini :
Selamat Hari Raya Idhul Adha

About Tri Ricki

Kontributor MusiNews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.