Airlangga Puji Komitmen H. Herman Deru Sejahterakan Petani Sawit
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Dampingi Menko Perekonomian RI Bantuan Program Replanting  Sawit  di Muara Enim. (Foto : Humas Prov. Sumsel)
Dampingi Menko Perekonomian RI Bantuan Program Replanting  Sawit  di Muara Enim. (Foto : Humas Prov. Sumsel)

Airlangga Puji Komitmen H. Herman Deru Sejahterakan Petani Sawit

MusiNews.id, MUARA ENIM – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartato, Menteri Perindutrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Yahya Cholil Staquf  menyerahkan bantuan untuk  peremajaan sawit bagi petani di Kabupaten Muara Enim yang dipusatkan di Desa Kencana Mulia Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim, pada hari Jumat (4/3) pagi.

Dalam kegiatan penyerahan  bantuan  peremajaan sawit yang digelar PBNU tersebut, dinilai Gubernur H. Herman Deru sangat tepat diberikan oleh pemerintah pusat, sebab melalui program replanting diharapkan akan menjaga keberlangsungan  pendapatan petani sawit di Sumsel. Bahkan dengan adanya bantuan sebut lanjut H. Herman Deru akan sangat membantu bagi kalangan petani khususnya petani non plasma.

Hari ini sangat istimewa bagi kita karena mendapatkan bantuan peremajaan sawit yang disebut replanting. Kami mohon kepada Pak Menko untuk dapat memperluas lagi program replanting ini untuk petani sawit  Sumatera Selatan, harap H. Herman Deru.

H. Herman Deru, menilai  bantuan yang diberikan pemerintah melalui program replanting  akan berdampak   luar biasa bagi kesejahteraan petani.

Bantuan yang diberikan untuk penanaman ini merupakan angin segar bagi keberlangsungan kebun sawit  petani  karena setiap hektarnya mendapatkan modal 30 juta rupiah. Atas nama petani dan seluruh masyarakat saya sampaikan ucapan terimakasih kepada pak Menteri, imbuh H. Herman Deru.

Dilain pihak  Kemenko Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartato mengatakan tanaman sawit menjadi komoditas utama bagi  Indonesia, bahkan dari komoditi sawit ini mampu menghasilkan devisa negera  Rp. 30 miliyar USD pada tahun 2021. Komitemen Pemprov Sumsel terhadap kesejahteraan petani khususnya petani sawit juga mendapatkan apresiasi dari Menko Perekonomian,

Meski dimasa pandemi covid-19, mokoditi  sawit terus memberikan keuntungan bagi negera. Diperkirakan sawit ini terus akan  dibutuhkan bukan hanya di Indonesia tapi juga di pasar global, ungkapnya.

Dalam program  peremajaan sawit, lanjut Airlanggga ini pemerintah sudah menyiapkan sebanyak 180 ribu hektar. Bahkan melalui program ini perhektarnya akan diberikan dana sebesar Rp. 30 juta. Dia juga melihat potensi sawit Sumsel  sebagai salah satu provinsi sebagai penghasil terbesar di Indonesia.

Berita Terkait :   Kades Sungai Dua Bersama Warga Gotong Royong Gali Saluran Air Bersih

Tadi ada yang 4 hektar Rp. 120 juta, kemudian 70 hektar bahkan ada yang 200 hektar, artinya kalau lebih dari 100 hektar bisa menerima Rp. 6 hingga Rp. 7 miliyar. Dan pemerintah menyiapkan 180 ribu hektar setiap tahun,” katanya.

Pada kesempatan ini, sebagai Ketua Komite Pengarah Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Airlangga Hartato mengaku bangga melihat warga NU karena disini banyak kebun warga NU dan program pemerintah ini harus berjalan dan dananya sudah disediakan dan dari bantuan penanaman awal tadi bisa dilanjutkan KUR bahkanKUR naik 30 persen, kalau tahun kemarin Rp. 283 triliun dan tahun ini Rp. 337 triliun.

Kami harap program ini terus di berbagai daerah dan kerjasama seluruh pihak hingga Pemerintah Pusat, daerah termasuk perbakan dan lembaga lainnya. Kita akan terus lakukan program ini sehingga target 180 ribu hektar bisa dilakukan tahun ini dengan begitu petani bisa berjaya dan sejahterah kembali bangkit dari pasca covid-19, ungkapnya.

Ditempat yang sama Ketua PBNU, Yahya Cholil Staquf mengatakan bahwa peremajaan sawit rakyat ini upaya NU untuk ikut mendukung progam-program pemerintah yang diperuntukan bagi rakyat.

Kita tau pemerintah terus ingin membut kesejahteraan rakyat maka itu NU ikut membantu agar program tersebut terwujud. Ini salah satu kerjasama PBNU dengan pemerintah dan ini akan terus kita kembangkan,” pungkasnya.

Turut hadir pada kesempatan ini, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Wakil Ketua PBNU, KH. Nusron Wahid, Ketua Komisi XI DPR RI, Dito Ganinduto, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, TB.H. Ace Hasan, Anggota Komisi III DPR RI, Kahar Muzakir.

Kemudian Direktur Utama BPDP-KS Eddy Abdurrachman, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik Wijayanto, Ketua DPRD Sumsel, Hj. R.A Noeringhati, Ketua PWNU KH. Amiruddin Nahrawi serta Bp Bupati Muara Enim H Nasrun Umar, kepala OPD Sumsel dan Kabupaten Muara Enim.*

Bagikan Tulisan Ini :
Selamat Hari Raya Idhul Adha

About Tri Ricki

Kontributor MusiNews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.