Serba-Serbi Semarak Perayaan HUT RI ke-77 di Muba
Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster

Serba-Serbi Semarak Perayaan HUT RI ke-77 di Muba

Musinews.id – Dua tahun lebih setelah pandemi COVID-19 berlalu membuat kemeriahan tersendiri bagi warga masyarakat Muba merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77.

Berbagai rangkaian kegiatan mulai dari perlombaan olahraga masyarakat hingga di hari puncak dibuka dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan Detik – DetikProklamasi di Pendopoan Griya Serasan Sekate kediaman Dinas Pj Bupati Drs Apriyadi MSi, Rabu (17/8/2022) membuat suasana HUT RI ke-77 di Muba bertambah semarak.

Upacara dimulai tepat pukul 08.30 WIB diikuti oleh forkopimda, perwakilan OPD dan tamu undangan. Tampak 75 petugas pengibar bendera yang diterjunkan sangat antusias dan siap sekali dalam melaksanakan tugasnya. Mereka merupakan putra-putri terpilih Paskibraka tingkat Kabupaten Muba yang ditugaskan untuk menaikkan bendera pusaka di lapangan Pendopoan Griya Bumi Serasan.

Diketahui, Pj Bupati Muba H Apriyadi bertindak sebagai inspektur upacara, dan yang bertindak selaku perwira upacara Kompol Rivow Lapu, SE SIK MH jabatan, Kabag Ops Polres Muba, bertindak selaku komandan upacara AKP Sandi Putra, SIK saat ini menjabat sebagai kasat lantas Polres Muba, dan yang bertindak sebagai petugas Komandan pasukan pengibar bendera pusaka yaitu Nasirin SH jabatan Kanitreskrim Polsek Sanga Desa Polres Muba.

“Kita maknai HUT RI ke-77 di Muba ini untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” tegas Pj Bupati Muba, Drs Apriyadi MSi.

Pj Bupati Muba H Apriyadi bertindak sebagai inspektur upacara, dan yang bertindak selaku perwira upacara Kompol Rivow Lapu, SE SIK MH
jabatan, Kabag Ops Polres Muba, bertindak selaku komandan upacara AKP Sandi Putra, SIK saat ini menjabat sebagai kasat lantas Polres Muba, dan yang bertindak sebagai petugas Komandan pasukan pengibar bendera pusaka yaitu Nasirin SH jabatan Kanitreskrim Polsek Sanga Desa Polres Muba.

Selanjutnya, pasukan pengibaran bendera merah putih dibawah binaan dan asuhan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Muba yaitu pembawa baki bendera merah putih Silvia Alkasih gadis cantik dan pintar berasal dari desa lumpatan yang sekolah di SMA Negeri 2 Unggul Sekayu Putri dari pasangan Prayetno dan ibu Nurmala.

Berita Terkait :   Herman Deru Tampilkan Inovasi Pindang Patin di Ajang IGA tahun 2020

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Muba Sugondo bertugas sebagai pembaca undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945, terakhir H. Win Hartan, S.Ag., M.PdI Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muba bertugas membacakan doa.

Masih di puncak HUT RI ke-77 di Muba, Pj Bupati Apriyadi juga menggelar ramah tamah dan menjamu makan siang dengan para veteran dan istri. Bahkan, memberikan bingkisan kepada 47 orang Janda Veteran 7 orang Veteran dengan tali asih Rp5.400.000 /Veteran dan Rp1.200.000 /Janda.

Selain itu, juga Pj Bupati Apriyadi memberikan remisi secara simbolis kepada sebanyak 746 warga binaan Lapas Kelas IIB Sekayu.

Kepala Lapas Kelas IIB Sekayu Ronald Heru Praptama menyebutkan pada HUT RI ke-77 ini tercatat ada sebanyak 746 warga binaan yang mendapatkan remisi. “Ya, tahun ini untuk remisi kemerdekaan ada 746 yang menerima, semuanya berstatus warga binaan,” ungkapnya.

Dikatakan Heru, dari jumlah tersebut, sebanyak 19 warga binaan dinyatakan bebas atau habis masa tahanan pokok. Namun, karena ada 6 warga binaan yang harus menjalani masa hukuman subsider, sehingga kebebasan nya terunda. “Jadi, warga binaan yang memang benar-benar bebas itu ada 13 orang, 6 lagi harus jalani masa hukuman subsider,” kata dia.

Dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 kali ini turut dihadiri dan dimeriahkan secara lengkap oleh Forkopimda Muba diantaranya Ketua DPRD Muba Sugondo, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Muba, Dandim 0401 Muba Letkol Arm Dede Sudrajat SH, Kapolres Muba AKBP Siswandi Sik SH MH, Kajari Muba Marcos Marudut Mangapul Simaremare SH MH, Ketua Pengadilan Agama Muba Waluyo SAg MHI, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Cristo Evert Natanael Sitorus SH MHum.(Rid)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Bagikan Tulisan Ini :

About Riduansyah S.Kom.I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *