Jika Tidak Segera Direlokasi, Longsor Diteluk Kijing 2 Dikhawatirkan Memakan Korban
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster

Jika Tidak Segera Direlokasi, Longsor Diteluk Kijing 2 Dikhawatirkan Memakan Korban

Musinews.id – Hujan deras mengguyur Kecamatan Lais khususnya di beberapa desa nyaris merenggut korban. Bantaran sungai musi yang berada di Desa Teluk Kijing 2 Kecamatan Lais mengalami longsor akibatnya rumah yang berada dipinggiran sungai ini nyaris ambruk sekitar pukul 23.45 Wib Rabu malam.

Berdasarkan pantauan muba online, sejak beberapa tahun belakangan memang bantaran sungai yang ada di Teluk Kijing 2 ini rentan terjadi longsor kala hujan intensitas tinggi melanda wilayah Kecamatan Lais, selain struktur tanah yang labil karena berada dipinggiran sungai mengakibatkan erosi dan longsor dibeberapa titik.

Seperti rumah miliknya Hidayat (53) akibat longsor yang terjadi nyaris saja merenggut korban termasuk dirinya dan keluarga yang saat itu menurutnya sedang hujan deras pada Rabu malam (4 Agustus 2021).

Hidayat menuturkan saat longsor terjadi terdengar suara gemuruh, khawatir terjadi yang tidak diinginkan dan seakan mendapati pirasat dirinya langsung menuju lokasi belakang rumahnya yang tepat berada di bantaran sungai musi. Benar saja ternyata tanah bagian dapur rumah sudah tergerus longsor beruntung rumah tidak ambruk.

Berita Terkait :   Gubernur Sumsel H. Herman Deru Suport Penuh Upaya Pemkot Palembang Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro

Jika kejadian longsor ini tidak segera ditindaklanjuti oleh pemangku kepentingan dalam hal ini Pemkab Muba dan instansi terkait, dikhawatirkan akan menimbulkan korban.

Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza, S.STP.,M.Si saat dikomfirmasi via WhatsApp membenarkan kejadian tersebut, dirinya menjelaskan bahwa sudah seharusnya masyarakat yang rumahnya berada di bantaran sungai musi ini segera di relokasi lahan yang sudah disediakan.

“Sebenarnya longsor ini sudah tiap tahun terjadi. Harapan kami dari pemerintah kecamatan, untuk rumah yang ada di pinggiran sungai ini harus segera direlokasi, tetapi memang perlu dukungan Pemkab Muba, karena untuk relokasi ini dibutuhkan rumah walaupun sifatnya sederhana setidaknya cukup agar masyarakat mau di relokasi.” Kata Demon.

Atas kejadian ini Pemerintah Kecamatan Lais menyalurkan bantuan kepada warga yang rumahnya nyaris ambruk oleh gerusan tanah longsor, Camat Lais yang menginstruksikan langsung Sekcam dan Rombongan untuk turun kelokasi memberikan bantuan sembako dan diterima langsung oleh PJ Kepala Desa Teluk Kijing 2 Nazaruddin, S.Sos.(rid)

Bagikan Tulisan Ini :
Selamat Hari Raya Idhul Adha

About Riduansyah S.Kom.I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.