Gubernur Sumsel Minta UTP Pertajam Program Unggulan
Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Gubernur Sumsel, Herman Deru, menerima audiensi Rektor Universitas Tridinanti Palembang dan rombongan pada hari Senin tanggal 13 Juni 2022. (foto : Humas Pemprov Sumsel)
Gubernur Sumsel, Herman Deru, menerima audiensi Rektor Universitas Tridinanti Palembang dan rombongan pada hari Senin tanggal 13 Juni 2022. (foto : Humas Pemprov Sumsel)

Gubernur Sumsel Minta Universitas Tridinanti Palembang Pertajam Program Unggulan

MusiNews.id — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) meminta kepada Universitas Tridinanti Palembang (UTP) untuk mulai melakukan pemilihan terhadap program unggulan yang akan mereka kembangkan. Pernyataan itu disampaikan oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru, saat menerima audiensi Rektor UTP, Dr. Ir. Hj. Manisah, beserta rombongan, di ruang kerjanya pada hari Senin tanggal 13 Juni 2022.

“Penajaman kerja sama UTP dengan Pemprov ini perlu dilakukan lagi, agar jangan terlalu banyak. Misalnya kita unggulkan pertanian, ini kan bagus. Karena, akibat konflik di Rusia dengan Ukraina, akan memicu krisis pangan.” katanya.

Lanjut Herman Deru, jika UTP fokus di bidang pertanian secara makro, mereka bisa mengembangkan produksi Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), Peningkatan Produksi, atau Marketing.

“Itu yang perlu kita upayakan, karena personel kita banyak. Pertama saya rekrut 1.400, sekarang sudah 2.000 orang. Mereka yang akan membina petani, jadi lebih bankable dan menjadi petani entrepreneurship.” ucap Bang HD, sapaan akrab Herman Deru.

Bang HD pun menjelaskan, saat ini, menurut riset dari perguruan tinggi, juga sangat diperlukan. Misalnya bagaimana agar sawit di Sumsel yang banyak ini, dibuatkan turunannya. Sehingga kelangkaan minyak goreng, tidak terjadi di Sumsel.

“Pertajam lagi ini melalui pembicaraan dengan Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, dan Dinas Ketahanan Pangan. Lakukan riset juga, kenapa sekarang orang-orang enggan bertani, dan lainnya.” jelasnya, seraya menambahkan bahwa dengan adanya penajaman ini, diharapkan MoU yang telah dilakukan Pemprov dengan berbagai universitas memiliki progres. Tidak lagi MoU, tapi menjadi Memorandum of Action (MoA).

Berita Terkait :   Pemprov dan Kejati Sumsel Kolaborasi Amankan Aset Daerah

Sementara itu, Rektor UTP mengatakan, dalam pertemuan tersebut dirinya memaparkan beberapa MoU yang telah dilakukan UTP dengan beberapa mitranya, termasuk Pemprov Sumsel. “Adapun beberapa program yang telah dilakukan itu antara lain program inovasi produk unggulan daerah, Kampung Proiklim, Program Merdeka Belajar, serta Program Kampung Literasi secara internal di lingkungan kampus.” kata Hj. Manisah.

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya sangat berterima kasih kepada Gubernur Sumsel yang telah menerima audiensi dan juga memberikan arahan kepada mereka. “Kami sangat gembira beliau sudah berkenan menerima kehadiran dan juga memberikan arahan kepada kami. Dan kami UTP siap mendukung program Pemda terutama yang terkait dengan pemberdayaan pertanian.” ungkapnya.

Manisah menambahkan, dirinya juga mengundang Gubernur Sumsel Herman Deru untuk memberikan kuliah umum. “Ya kami juga mengundang beliau untuk dapat memberikan kuliah umum pada kuliah perdana mahasiswa baru bulan Oktober mendatang.” katanya. (ohs)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Bagikan Tulisan Ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *