Peringatan HUT ke-22 Kabupaten Banyuasin Diiringi dengan Penyerahan Klaim Simbolis BPJS Ketenagakerjaan
MyRepublic, Internet Cepat Tanpa Batas
BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Klaim Simbolis manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Peringatan HUT ke-22 Kabupaten Banyuasin Diiringi dengan Penyerahan Klaim Simbolis BPJS Ketenagakerjaan

MusiNews.id – Beriringan dengan HUT Kabupaten Banyuasin ke-22 Tahun 2024 dan disela rapat Paripurna Istimewa yang berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Banyuasin, BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel lakukan penyerahan simbolis manfaat BPJS Ketenagakerjaan berupa santunan kematian dan beasiswa terhadap 3 ahli waris dengan total Rp. 192.000.000,-.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel, Muhyidin mengungkapkan, bahwa sepanjang tahun 2023, BPJS Ketenagakerjaan juga telah membayarkan total klaim manfaat dengan rincian, Jaminan Kecelakaan Kerja sebesar Rp. 5.616.275.500, Jaminan Hari Tua Sebesar Rp. 27.783.820.770, Jaminan Kematian sebesar Rp. 3.453.000.000, Jamninan Pensiun sebesar Rp. 2.198.822.010 dan manfaat beasiswa sebesar Rp. 575.000.000,-

Ia juga menyampaikan, saat ini di Kabupaten Banyuasin telah dilakukan perlindungan tenaga kerja dalam program BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 41,83% tenaga kerja penerima upah dan 4.92% temaga kerja Bukan Penerima Upah, dimana masih terdapat total gap sebanyak 214.734 tenaga kerja yang belum terlindungi di Kabupaten Banyuasin.

“Tentu ini menjadi tanggungjawab kita Bersama, untuk melakukan percepatan perlindungan terhadap tenaga kerja di Kabupaten Banyuasin, karena program perlindungan jaminan social BPJS Ketenagakerjaan ini, dapat menjadi kontribusi dalam pengentasan kemiskinan”. kata Muhyidin, Senin (22/04) kemarin.

Berita Terkait :   Isi Ramadhan dengan Kegiatan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel Bagikan Takjil ke Warga

Diketahui, Rapat yang digelar tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin, Iriani Setiawan, SH.,M.Si dan dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Banyuasin, Rapat Paripurna ini juga dihadiri oleh Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Pj. Bupati Banyuasin, Sekda Kabupaten Banyuasin dan Juga Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel.

Sementara itu, Pj. Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam dalam pidatonya mengatakan, bahwa 22 tahun merupakan rentang perjalanan yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah, sebuah Kabupaten pemekaran yang dulu menjadi bagian dari Kabupaten Musi Banyuasin.

Sudah sepatutnya di tanggal 22 April hari ini, yang serupa dengan usia Kabupaten Banyuasin saat ini dimaknai sebagai moment strategis yang secara filosofis bermakna sebagai momen untuk mengevaluasi hasil yang telah dilakukan guna menjadikannya sarana mawas diri dan bagaimana untuk menyusun strategi serta prioritas dimasa yang akan datang.

Berita Terkait :   Naik Rp15.000, Harga Emas Antam Hari Ini Jadi Rp1.005.000 Per Gram

“Mari kita jadikan hari kelahiran Kabupaten ini sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi yang lebih baik lagi.” ujar Hani Syopiar Rustam.

Selanjutnya dalam pidatonya, Hani Syopiar Rustam juga menjabarkan penurunan angka kemiskian yang signifikan dimana Angka kemiskinan Kabupaten Banyuasin pada tahun 2022 sebesar 10,00 persen dan turun menjadi 9,58 persen di tahun 2023. Kemiskinan ekstrem Kabupaten Banyuasin juga mengalami penurunan drastis dari 3,07 persen pada tahun 2022 menjadi 0,56 persen di tahun 2023.

Sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem ditekankan bahwa pekerja yang tergolong masyarakat miskin ekstrem dipastikan tercakup dalam kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan sebagai penyelenggara jaminan social ikut serta hadir dalam program pengentasan kemiskian di Kabupaten Banyuasin. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *