Kunker di Ogan Ilir, Menkes Dorong Pemberdayaan Posyandu
Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Budi Gunadi Sadikin, dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Peninjauan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Indralaya dan Integrasi Pelayanan Kesehatan Premier Posyandu Desa Tanjung Gelam, Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir, pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022.. (foto : Humas Pemkab Ogan Ilir)
Budi Gunadi Sadikin, dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Peninjauan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Indralaya dan Integrasi Pelayanan Kesehatan Premier Posyandu Desa Tanjung Gelam, Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir, pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022.. (foto : Humas Pemkab Ogan Ilir)

Kunker di Ogan Ilir, Menkes Dorong Pemberdayaan Posyandu

MusiNews.id — Program kesehatan hendaknya lebih fokus pada upaya menjaga masyarakat agar tetap sehat, salah satunya dengan memberdayakan kembali Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Peninjauan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Indralaya dan Integrasi Pelayanan Kesehatan Premier Posyandu Desa Tanjung Gelam, Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir, pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022.

Kemudian, Meskes menambahkan, keberadaan Posyandu dengan kadernya, merupakan garis terdepan dalam pelayanan dan menjaga kesehatan masyarakat. Namun, keberadaannya memang sempat kurang tersentuh.

Kondisi tersebut dikarenakan fungsi pelayanan posyandu itu sendiri terhadap kesehatan ibu dan anak yang merupakan fase awal dimulainya menjaga kualitas kesehatan seseorang, termasuk imunisasi sebelum jadi dewasa dan tua.

“Karena menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati. Selain lebih muurah dari sisi biaya, hal tersebut juga untuk menjaga kualitas hidup masyarakat agar jadi lebih baik dan ini merupakan salah satu pilot project yang sedang dilakukan.” ungkapnya.

Budi Gunadi Sadikin optimis, pilot project tersebut akan terwujud di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), khususnya Kabupaten Ogan Ilir. Alasannya, pemerintah serta para kader Posyandu sangat mendukung dan antusias terhadap upaya tersebut.

Berita Terkait :   DPD Partai PAN Ogan Ilir dilantik, Optimis Hadapi Pemilu 2024

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, mengatakan, dengan adanya Kunker Menkes ini, pemerintah daerah Ogan Ilir tentu akan mensinergikan dan mensukseskan program-program dari pemerintah pusat di bidang kesehatan.

Ia juga menambahkan, dengan kunjungan ini akan menghadirkan program-program kesehatan menarik, update yang berorientasi pada peningkatan pola hidup bersih dan sehat sebagai investasi kesehatan masa depan seluruh masyarakat Kabupaten Ogan Ilir.

Berkaitan dengan hal tersebut, Panca mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyampaikan usulan pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama di Daerah Muara Kuang, karena mengingat daerah tersebut jauh untuk menjangkau fasilitas kesehatan kota.

“Kita berharap usulan tersebut dapat dikabulkan dan Pemkab Ogan Ilir saat ini tengah mengupayakan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) terkait rencana tersebut.” pungkasnya. (van)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Bagikan Tulisan Ini :

About Irvan

Kontributor Situs Berita MusiNews.id wilayah Kabupaten Ogan Ilir dan sekitarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *