Disdik Provinsi Sumsel Lestarikan Bahasa Daerah Melalui Cerdas Cermat Bahasa Daerah
MyRepublic, Internet Cepat Tanpa Batas
Istimewa

Disdik Provinsi Sumsel Lestarikan Bahasa Daerah Melalui Cerdas Cermat Bahasa Daerah

MusiNews.id – Lomba Cerdas Cermat Berbahasa Daerah Tingkat SMK Se-Sumsel Tahun 2023 dilaksanakan di SMKN 8 Palembang, yang berlangsung selama tiga hari pada 22-24 Mei 2023.

Pembukaan dihadiri Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Mondyaboni SE.S.Kom.M.Si, Kepala Bidang (Kabid ) SMA Disdik Sumsel Drs Joko Edi Purwanto MSi, para Kasi SMK Disdik Sumsel, Kepala SMK dan Kepala SMA Negeri Kota Palembang.

Mondyaboni mengatakan, hari ini diadakan lomba Cerdas Cermat Berbahasa Daerah Tingkat provinsi Sumsel untuk jenjang SMK.

“Alhamdulillah dihadiri 17 kabupaten dan kota yang ada di Sumsel. Dengan diadakan kegiatan ini, kami berharap anak-anak hari ini dapat mengikuti lomba dengan baik. Kita bermaksud dan kita berharap anak-anak akan mencintai bahasa lokalnya, bahasa ibunya,” ujarnya, Selasa (23/5/2023).

Berita Terkait :   Prof Taufiq Marwah Terpilih Menjadi Rektor Unsri Periode 2023-2027

Sambung Mondyaboni, sehingga mereka nantinya sudah bisa berbahasa asing ataupun berbahasa yang lainnya. Tapi mereka tetap mengingat akar budaya mereka dari mana, dan bahasa daerah asalnya.

“Kita bisa lihat bahwa pengaruh budaya asing itu sudah luar biasa, itulah yang membuat kita mulai mensosialisasikan kembali tentang mencintai bahasa daerahnya masing-masing. Apalagi kita mempunyai banyak bahasa daerah dari 17 kabupaten dan kota,” bebernya.

“Harapan Kita anak-anak dapat mengikuti lomba ini dengan baik, mudah-mudahan pengalaman yang mereka dapatkan hari ini akan bermanfaat bagi mereka di masa yang akan datang,” tambah Mondyaboni.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Provinsi Sumsel Rafli,S.Pd., M.Pd mengatakan, kegiatan lomba
Cerdas Cermat Berbahasa Daerah tingkat SMK Se-Sumsel ini diikuti seluruh 17 kabupaten kota Sumsel. Jadi setiap kabupaten dan kota mengirimkan 3 orang siswa yang berprestasi.

Berita Terkait :   Mahasiswa Universitas Bina Darma Bangga menjadi Keynote Speaker Simposium Internasional di Malaysia

“Tujuan dari kegiatan ini yang jelas memupuk persatuan dan kesatuan, serta melestarikan kebudayaan daerah yang nantinya mereka akan tetap menjunjung tinggi budaya di manapun mereka berada,” tuturnya.

Lebih lanjut Rafli menuturkan, kalau untuk lomba bahasa daerah ini baru pertama kali dilaksanakan, tetapi kalau untuk cerdas cermat sudah sering.

“Ini merupakan inovasi terbaru dari bidang SMK, mudah-mudahan ini akan mengembangkan budaya Sumsel dan tetap melestarikan nilai budaya Sumsel,” ucapnya.

“Insya Allah tahun depan akan berkelanjutan dengan cara ataupun pengembangan evaluasi dari yang sekarang,” tutupnya (Rill/MP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *