KASAD : "Prajurit Kita Bukanlah Objek, Tetapi Subjek"
Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Jenderal Dudung Abdurrachman. (foto : Dispenad)
Jenderal Dudung Abdurrachman. (foto : Dispenad)

KASAD : “Prajurit Kita Bukanlah Objek, Tetapi Subjek”

MusiNews.id — Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurrachman, menghadiri acara kelulusan Perwira Remaja (Paja) TNI Angkatan Darat Akademi Militer tahun 2022 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) di Jakarta pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022.

Dalam kesempatan tersebut Jenderal Dudung Abdurrachman menyampaikan bahwa saat ini prajurit bukanlah objek lagi, tetapi sudah menjadi subjek.

“Ingat, prajurit kita saat ini, bukanlah objek lagi, tetapi telah menjadi subjek. Kalau kamu memimpin tidak benar, maka dia akan bergejolak dan kamu akan berhenti. Oleh karena itu, lakukan yang terbaik dengan berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan delapan wajib TNI serta 11 azas kepemimpinan.” ujarnya.

Dia juga menekankan agar para Paja TNI AD menjadi petarung, jagoan, dan pemberani, karena tantangan tugas ke depan, tidak semakin mudah, tetapi semakin sulit dan penuh dinamika. “Jangan takut menghadapi resiko, jangan gentar terhadap situasi apapun, karena sebagai ksatria-ksatria muda, jangan gentar menghadapi cobaan apapun.” ucapnya.

Selain itu, diacara tersebut KASAD juga memberikan fasilitas kepada para orang tua Paja untuk tidak kehilangan momentum terbesar dan membahagiakan dalam kehidupan putra dan putrinya. KASAD mengundang para orang tua untuk bersama-sama mengikuti acara Prasetya Perwira (Praspa) secara live streaming di Lapangan Mabesad melalui layar megatron, kemudian memberikan kesempatan kepada orang tua untuk bertemu dengan putra dan putri mereka yang telah dilantik menjadi perwira.

Acara tersebut merupakan bentuk empati dari KASAD kepada para orang tua yang tidak dapat menghadiri Praspa secara langsung di Istana Negara, karena masih mempertimbangkan Protokol Kesehatan terkait Covid 19 yang belum sepenuhnya berakhir. Sehingga hanya orang tua dari peraih Adhi Makayasa saja yang diundang untuk hadir secara langsung pada acara yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia itu.

Berita Terkait :   Dua Kader PAN Layak Maju Sumsel 1, Salah Satunya Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad

Para orang tua dari Paja TNI AD yang hadir di Mabesad, menyambut gembira dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada KASAD, atas gagasan penyelenggaraan acara tersebut. Hal itu terlihat jelas dari antusiasme orang tua dan keluarga yang datang dan memenuhi lapangan Mabesad serta menyambut putra dan putri mereka dengan yel-yel yang sudah dipersiapkan.

“Dengan adanya kegiatan yang difasilitasi oleh Pak KASAD ini, kami sangat senang dan terharu. Meski berbeda tempat, tapi dengan live streaming ini, saya lihat di Istana Presiden dengan di sini, sama.” kata Buroniani Naibaho, orang tua dari Paja bernam Letda Inf. Afrizal Sianipar.

KASAD yang didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Rahma Dudung Abdurrachman, memberikan bingkisan sebagai tali asih kepada perwakilan Paja yakni Letda Inf. Rafi Naufal Afriansyah, S.Tr (Han), sebagai peraih Adhi Makayasa, Letda Cba (K) Curly Luthfita Andini, S.Tr (Han), sebagai peraih Anindya Wiratama, dan kepada Letda Cpn Haswin Akbar Muhammad, S. Tr (Han), sebagai peraih Aditya Pinasti.

Paja TNI AD lulusan Akmil tahun 2022 yang berjumlah 292 orang (274 Pria dan 18 Wanita) tersebut, selanjutnya diserahkan kepada Pembina Pusat Kecabangan dan Fungsi (Puscabfung) masing-masing untuk diberikan pembekalan lanjutan sebelum memasuki masa penugasan di satuan-satuan TNI Angkatan Darat. (dispenad/ohs)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Bagikan Tulisan Ini :

About Sikumbang Hasan

Redaktur Pelaksana dan Koordinator Liputan di Situs Berita MusiNews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *