Hadiri Pelantikan Ketua TP PKK Desa, Ini Pesan Plt Bupati Beni
Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster

Hadiri Pelantikan Ketua TP PKK Desa, Ini Pesan Plt Bupati Beni

Musinews.id – Ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) mempunyai andil besar untuk kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Hal ini diungkapkan Plt Bupati Beni Hernedi SIP dalam kesempatan Kunjungan Kerja dan Pelantikan 16 Ketua TP PKK Desa dalam Kecamatan Sanga Desa, Kamis (27/1/2022) yang juga turut dihadiri Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Susy Imelda Beni Hernedi.

“TP PKK harus ikut aktif dilibatkan oleh Kades dalam kegiatan Musrenbang, jangan setiap acara para ibu-ibu PKK hanya dilibatkan dalam kepanitiaan konsumsi saja, justru disertakan dalam menyusun program kerja daerah, karena PKK merupakan ujung tombak dalam memberikan pembinaan pemberdayaan masyarakat,” tegas Beni Hernedi.

Menurutnya, berdasarkan peraturan Mendagri bahwa ketua TP PKK dijabat oleh suami/istri dari kepala daerah, baik itu gubernur/bupati hingga camat dan kades. Maka dari itu tidak harus perempuan saja menjabat sebagai ketua TP PKK tentu boleh juga laki-laki, karena PKK merupakan organisasi yang fokus pada pemberdayaan masyarakat desa dan tidak hanya melibatkan kaum ibu-ibu saja.

“Oleh karena itu kedepan TP PKK sebagai mitra pemerintah harus benar-benar punya program strategis yang tepat sasaran, sehingga pemberdayaan masyarakat dapat benar-benar dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Muba yang sejahtera,”ucapnya.

Lanjutnya, TP PKK punya tugas utama yaitu menjalankan 10 program pokok. “Maka dari itu pemerintah kabupaten hingga desa wajib memberikan dukungan dari segi porsi anggaran, harus berkeadilan dan sesuai dengan potensi di desa,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Sanga Desa, Hendrik SH MSi bahwa ada 16 Ketua TP PKK desa yang dilantik yaitu Desa Air Balui, Desa Panai, Desa Nganti, Desa Jud 1, Desa Jud, Desa Penggage, Desa Ngunang, Desa Ngulak III, Desa Ngulak II, Desa Terusan, Desa Kemang, Desa Tanjung Raya, Desa Air Itam, Desa Keban I, Desa Keban II dan Desa Ulak Embacang.

Berita Terkait :   Gubernur Sumsel Resmikan Program KPR Pasti BTN

“Saya minta kepada saudari-saudari sekalian yang baru dilantik untuk menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Jalankan program kerja dengan tepat sasaran melalui jalur yang telah ditentukan. Saya harap dengan perpanjangan tangan PKK hingga ketingkat dasa wisma, 10 program pokok PKK mampu menunjukkan kiprah dan keberhasilannya,”papar Hendrik.

Hendrik juga menyebutkan, kerjasama yang baik dari semua pengurus TP PPK desa yang dilantik agar mampu mengatasi berbagai masalah terkait perempuan dan anak, edukasi ketika perkawinan anak usia dini, stunting, kasus kekerasan dalam rumah tangga, dan upaya penguatan ekonomi keluarga perlu dikelolah secara optimal.

“Saya ucapkan terima kasih yang mendalam sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerjasama yang baik selama ini, TP PKK Kecamatan dan desa/kelurahan telah banyak membantu pemerintah kecamatan Sanga Desa dimasa pandemi COVID-19,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Plt Bupati Beni menyerahkan bantuan kepada Kelompok Ternak Kambing Kambing sejumlah Rp 7.500.000, Bantuan kepada kelopok Rabana dan Kasidah/Hadroh Desa Tanjung Raya.

Turut hadir Wakil Ketua I DPRD Muba Jon Kanedi dan Anggota DPRD Muhammad Yamin dan Yudi Trikarya. Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan SST MT, Kapolres Muba AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Zabidi SE MM, Asisten Bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba sekaligus Plt Kepala Dinas PU PR Muba H M Yusuf Amilin, Para Perangkat Daerah dan seluruh kades dalam Kecamatan Sanga Desa.(rid)

Bagikan Tulisan Ini :
Selamat Hari Raya Idhul Adha

About Riduansyah S.Kom.I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.